PERANAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBINAAN KELEMBAGAAN BUMDES DI DESA SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

SYUKRAN TAUBY, - (2020) PERANAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBINAAN KELEMBAGAAN BUMDES DI DESA SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB V.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBINAAN KELEMBAGAAN BUMDES DI DESA SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI SYUKRAN TAUBY 11575100879 Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kuantan Singingi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan pemerintah daerah melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kuantan Singingi dalam pembinaan kelembagaan BUMDes di Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan kelembagaan BUMDes di Desa Sungai Buluh Kabupaten Kuantan Singingi. Konsep operasional dalam penelitian ini menggunakan buku Sukasmanto Tahun 2014. Adapun indikatornya adalah permodalan, pendampingan, dan pelatihan dan pengembangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif (Sugiyono). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik penentuan informan untuk mendapatkan hasil penelitian. Adapun yang menjadi subjek ataupun informan penelitian ini sebanyak 7 orang meliputi kepala bidang pemberdayaan masyarakat, tenaga ahli pemberdayaan, kepala desa, direktur BUMDes, pegawai BUMDes, dan masyarakat pemanfaat BUMDes. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa adanya peranan pemerintah daerah dalam pembinaan kelembagaan BUMDes di Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa yaitu mampu merealisasikan pembinaan yang efektif dan optimal, adapun faktor-faktor penghambat dalam melaksanakan pembinaan kelembagaan BUMDes adalah hak rekognisi dan hak subsidiaritas. Kata Kunci : Permodalan, Pendampingan, Pelatihan dan pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:43
Last Modified: 14 Sep 2020 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30335

Actions (login required)

View Item View Item