ZULHERI, - (2020) KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR`AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
TESIS ZULHERI OK.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
16. BAB IV ZULHERI OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Guru yang profesional seharusnya memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogis, kognitif, personaliti, dan sosial. Oleh karena itu, selain terampil mengajar, seorang guru juga memiliki pengetahuan yang luas, bijak, dan dapat bersosialisasi dengan baik. Rumusan dalam penelitian ini adalah 1) apa saja kompetensi guru yang dijelaskan dalam perspektif al-Qur`an? 2)Bagaimana relevansinya dengan Pemendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang standar kompetensi guru ? Jenis penelitian yang akan dilakukan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan (library research ). Yaitu penelitian yang kajiannya dilakukan dengan menelusuri dan menelaah literatur atau sumber-sumber tertulis yang berkaitan dengan pokok bahasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan beberapa buku-buku tafsir yang berkaitan dengan judul penelitian. Konsep teoretik yang menjadi sasaran penelitian ini adalah kompetensi guru perspektif al-Qur`an yang tersebar dibeberapa ayat dan surat dalam AlQur’an dengan pendekatan metode tematik (maudhu`i ). Adapun hasil penelitian ini bahwa ayat-ayat al-Qur`an tentang komptensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru terdapat dalam QS. an-Najm ayat 8, 9, 10. Kemudian QS. Al-`Alaq ayat 1-5, juga QS. al-Muddatstsir 1-7 dan QS. al-Muzzammal 1-7,QS. al-‘Ankabût ayat 43, QS. al-Zumâr ayat 9, QS. al-Kahfi ayat 65,QS. al-Naml ayat 38-40, QS. an-Nahl ayat 43-44. Ayat-ayat tersebut berbicara tentang komptensi profesional yang harus dimiliki oleh guru dan relevan dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Sedangkan ayat-ayat al-Qur`an terkait dengan kompetensi kepribadian guru dan relevan dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 terdapat dalam QS. al-Nahl ayat 43 dan QS. ar-Rahman ayat 1-4. Ayat-ayat tersebut menjelaskan tentang kompetensi kepribadian yang merupakan bagian unsur kepribadian guru sebagai landasan kinerjanya seperti kematangan, kemandirian, kehidupan religi, juga kehidupan keluarga, kreatifitas dan sebagainya yang mencukupi dengan fisik yang kuat dapat membentuk kepribadian yang baik didepan para peserta didiknya. Selanjutnya ayat-ayat al-Qur`an yang berkaitan dengan kompetensi sosial yang harus dimiliki seorang guru dan relevan dengan Permendiknas No 16 Tahun 2007 adalah QS. An-Najm ayat 7, Q.S. al-Ahzâb ayat 70,QS. al-Furqân ayat 48 dan 63, QS. al-Hujurat ayat 2, 6, 11, 12, 13. Sedangkan perspektif para ahli pendidikan terkait dengan kompetensi seorang guru, yaitu harus memiliki sifat tawadhu`, dan tidak sombong, mengajarkan ilmu yang diketahui dan dikuasainya, mengetahui kemampuan diri dan peserta didiknya, mengamalkan ilmu yang diajarkannya, tidak kikir terhadap ilmu yang dikuasainya, mampu memahami potensi peserta didik dengan baik, tidak membosankan peserta didik, taat kepada aturan, memberi kontribusi terhadap pemimpin dan bersikap tegas dan berani, menjaga kesucian dari dari materi yang syubhat, mengajar karena mengharap ridha Allah SWT dan tidak berbuat kasar, menghina dan menganggap remeh anak didiknya.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 02:24 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 02:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30329 |
Actions (login required)
View Item |