PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MUHAMMAD BIN JAMIL ZAINU DALAM BUKU KAIFA NURABBI AULADANA

INDRA, - (2020) PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MUHAMMAD BIN JAMIL ZAINU DALAM BUKU KAIFA NURABBI AULADANA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TESIS INDRA OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV INDRA OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa anak adalah amanah Allah kepada pendidik khususnya orang tua yang harus di didik menjadi manusia yang beriman dan beribadah kepadaNya dalam posisi ini peran pendidik didukung kuat oleh metode pendidikan dalam menanamkan pendidikan terhadap anak dan materi pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep dan aplikasi pendidikan anak dalam keluarga menurut Muhammad Bin JamilZainu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menambah khazanah keilmuan, khususnya dalam metode dan materi pendidikan anak. Penelitianinimerupakanpenelitianpustaka (library research ), yaknikajian literature melaluirisetkepustakaandenganmenggunkan data kualitatifyakni data informasiyang berbentukkalimat verbal bukanberupa symbol ataubilangan. pendekatan yang merupakan suatu analisis yang hati hatimengenaipenalaransuatumasalahdanpenyusunansecarasengajasertasistematisat assuatusudutpandang yang menjadidasarsuatutindakan.Hasil penelitian ini menunjukkan pertamamenurut penjabaran Muhammad Bin Jamil Zainu dapat disimpulkan bahwa Metode Pendidikan anak dalam keluarga yaitu pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan memberi perhatian, dan pendidikan dengan memberikan hukuman. Kedua materi pendidikan anak yang mendasar dan universal untuk diajarkan, antara lain: tanggungjawab pendidikan keimanan, tanggungjawab pendidikan akhlak, tanggungjawab pendidikan fisik, tanggungjawab pendidikan intelektual, tanggungjawab pendidikan psikis, tanggungjawab pendidikan sosial dan tanggungjawab pendidikan seks. Lalumetodeyang biasaditerapkanuntukkeluargaialah :metodeketeladanan, metodeadatkebiasaan, metodenasehat, metodepengawasandanmetodedenganhukuman.Metodedanmateri yang disampaikanoleh Abdullah NasikhUlwandinilaisebagaikoseppendidikananak yang strategisdanmampumengatasi problematicadalampendidikananak di era saatini. Kata Kunci: Pendidikan Anak dalam Keluarga Muhammad Bin Jamil Zainu

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:17
Last Modified: 14 Sep 2020 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30326

Actions (login required)

View Item View Item