Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KAJIAN IMPLEMENTASI K3 PADA PEMASANGAN JARINGAN DAN MAINTANANCE ARUS LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRAFFIC LIGHT SYSTEM DAN TECNIQUEN OF OPERATING REVIEW (Studi Kasus: PT.PLN (Persero) ULP Lima Puluh Kota)

M. ZULFIA RAHMAN, - (2020) ANALISIS KAJIAN IMPLEMENTASI K3 PADA PEMASANGAN JARINGAN DAN MAINTANANCE ARUS LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRAFFIC LIGHT SYSTEM DAN TECNIQUEN OF OPERATING REVIEW (Studi Kasus: PT.PLN (Persero) ULP Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS KAJIAN IMPLEMENTASI K3 PADA PEMASANGAN JARINGAN DAN MAINTANANCE ARUS LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRAFFIC LIGHT SYSTEM DAN TECNIQUEN OF OPERATING REVIEW (Studi Kasus: PT.PLN (Persero) ULP Lima Puluh Kota) M. ZULFIA RAHMAN 11652103539 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK PT. PLN (Persero) ULP Lima Puluh Kota ini adalah suatu perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang kelistrikan dan menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum. Permasalahan yang di alami yaitu masih terjadinya kecelakaan kerja, belum adanya SOP K3, program K3 belum berjalan dengan maksimal. Untuk penyelesaian permasalahan kecelakaan kerja di PT. PLN (Persero) ULP Lima Puluh Kota yaitu dengan menggunakan metode Traffic Light System dan Tecniquen Of Operating Review yang bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat frekuensi kecelakaan, keparahan kecelakaan kerja serta gambaran pemetaan hasil pencapaian penerapan implementasi komunikasi K3, melakukan identifikasi penyebab kecelakaan kerja dan penyelesaianya, merancang Standar Operasional Prosedure K3. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan dari penelitian di PT. PLN (Persero) ULP Lima Puluh Kota dengan menggunakan metode Traffic Light System yaitu terjadi peningkatan kecelakaan kerja setiap tahunnya dan pencapaian program K3 mengalami naik turun. Dari hasil identifikasi analisa TOR program K3 tidak berjalan maksimal, belum adanya SOP K3, kurangnya pengawasan terhadap pekerja dan kondisi pekerja yang nekat tampa memikirkan resiko kecelakaan dengan melakukan tindakan perbaikan memaksimalkan pencapaian program K3, Membuat SOP K3, mewajibkan penggunaan APD, memberikan perbekalan ilmu K3, dan pemberian sanksi yang tegas bagi pekerja. Kata Kunci : Kecelakaan kerja, Traffic Light System, Tecniquen Of Operating Review

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:34
Last Modified: 11 Sep 2020 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30321

Actions (login required)

View Item View Item