Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kegiatan Bimbingan Baca Al-Qur’an terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir.

Musri, - (2020) Pengaruh Kegiatan Bimbingan Baca Al-Qur’an terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Musri, (2020): Pengaruh Kegiatan Bimbingan Baca Al-Qur’an terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dimana guru telah melaksanakan bimbingan dalam membaca Al-Qur’an. Dengan bimbingan tersebut seharusnya siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Akan tetapi pada kenyataannya, tidak semua siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut mampu membaca Al-Qur’an dengan baik.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan bimbingan baca al-qur’an terhadap kemampuan baca Al-Qur’an siswa SMPN 1 Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 104 siswa yang terdiri dari kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3, dan VIII.4. Berdasarkan perhitungan dapat diperoleh sampel sebanyak 51 orang siswa, dengan teknik pengambilan sampel dalam penilitian adalah purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan korelasi. Berdasarkan analisis data sebagaimana dipaparkan pada bab IV maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kegiatan bimbingan baca al-Qur’an terhadap kemampuan baca al-Qur’an siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Hal tersebut berdasarkan nilai korelasi (r) sebesar 0.617. Nilai ro (0.617) > rt (0.232) dan nilai probabilitas 0.000 < 0.05. maka ha diterima dan Ho ditolak. Kontribusi pengaruh bimbingan baca al-Qur’an terhadap kemampuan baca al-Qur’an sebesar 38,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Bimbingan, Kemampuan Baca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:54
Last Modified: 11 Sep 2020 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30308

Actions (login required)

View Item View Item