Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK/MAK SEDERAJAT

Hijra Utami, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK/MAK SEDERAJAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
SKRIPSI HIJRA UTAMI.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Hijra Utami, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK/ MAK Sederajat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Blended Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar pada kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Blended learning dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Labor Binaan FKIP UNRI. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket kemandirian belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan basil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Blended Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional di SMK Labor Binaan FKIP UNRI; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah di SMK Labor Binaan FKIP UNRI; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Blended Learning dan kemandirian belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Blended Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:36
Last Modified: 10 Sep 2020 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30277

Actions (login required)

View Item View Item