Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS USAHA TENUN SONGKET MELAYU RIAU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH ( Studi Usaha Tenun Melayu Wan Fitri di Jalan Kayu Manis Kelurahan Tirta Siak Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru)

Sintia Rahmayani, - (2020) EFEKTIVITAS USAHA TENUN SONGKET MELAYU RIAU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH ( Studi Usaha Tenun Melayu Wan Fitri di Jalan Kayu Manis Kelurahan Tirta Siak Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Sintia Rahmayani, (2020) : EFEKTIVITAS USAHA TENUN SONGKET MELAYU RIAU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH ( Studi Usaha Tenun Melayu Wan Fitri di Jalan Kayu Manis Kelurahan Tirta Siak Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru) Kemandirian hidup tersebut sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang dalam rangka membangun masa depan yang lebih baik sehingga mampu bersaing dalam pergulatan kehidupan di dunia Untuk mencapai keberhasilan mengelola usaha dengan tepat di butuhkan kualitas diri yang baik, meliputi keuletan, kegigihan, ketangguhan (stamina) baik emosi maupun fisik, keberanian mengendalikan suatu usaha. dalam berbagai situasi, kemampuan mengambil resiko, dan kemampuan membuat keputusan-keputusan yang tepat bagi kelangsungan hidup usaha yang di miliki. Adapun masalah yang terdapat dalam penelitian ini Bagaimana Efektivitas usaha Tenun Songket Melayu Wan Fitri di Jalan Kayu Manis Kelurahan Tirta Siak Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru, Bagaimana tinjauan ekonomi Syari'ah tentang Efektifitas Usaha Tenun Songket Melayu Wan Fitri Metode yang di lakukan dalam penelitian ini adlaah kualitatif, adapaun lokasi yang di jadikan tempat lokasi Penelitian ini dilakukan pada Usaha Tenun Songket Melayu Wan Fitri yang berlokasi di Jalan Kayu Manis Kelurahan Tirta Siak Kecamatan metode yang di lakukan dalam penelitian ini adalah lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Metode yang di gunakan untuk menganalisis data Induktif yaitu metode pengetahuan yang berangkat dari data yang bersifat umum, lalu ditarik kesimpulan yang bersifat kilusus, Deduktif yaitu metode pengetahuan yang berangkat dari data yang bersifat khusus, lalu ditarik kesimpulan yang bersifat umum, Deskriptif yaitu metode yang menggambarkan kaedah, subjek dan objek penelitian fakta-fakta yang ada hasil dalam penelitian ini adalah, Salah satu usaha yang bergerak di bidang industri dan seni yaitu tenun songket. Berdasarkan hasil Dari analisis penulis efektivitas usaha tenun songket Wan Fitri di Jalan Kayu Manis Kelurahan Tirta Siak Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru sudah bisa dikatakan efektif dalam pencaupaian waktu dapat dilihat dari hasil wawancara yang telah menjawab dengan positif. Karena dalam pembuatan tenun songket ini tergantung keterampilan masing-masing para pekerja. Adapun tinjauan ekonomi syariah terhadap efektifitas usaha tenun songket melayu wan fitri dapat disimpulkan bahwa. pembuatan kain songket tegantung keterampilan. karena tidak ada hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam dalam mengembangkan dan pemasaranya serta sejalan dengan prinsip syariat agama Islam untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja Kata Kunci: Efektivitas, Usaha Tenun Songket, Menurut Ekonomi Syari'ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:15
Last Modified: 16 Sep 2020 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30261

Actions (login required)

View Item View Item