WIDODO, - (2020) MODEL PENILAIAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs SWASTA KABUPATEN ROKAN HULU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
DISERTASI WIDODO OK.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB IV)
17. BAB IV WIDODO OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
Abstract
Penilaian ranah afektif pada tingkat spiritual merupakan salah satu jenis penilaian pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun, masalah yang ditemukan dilapangan, guru Pendidikan Agama Islam cenderung mengabaikan penilaian afektif pada tingkat spiritual dan lebih memfokuskan pembelajaran pada penuntasan kognitif semata. Sehingga muncul suatu kesenjangan nilai yang tertera pada kolom afektif tingkat spiritual siswa belum tentu sesuai dengan perilaku siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Rokan Hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya a ) bagaimana model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang telah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Rokan Hulu ? dan b) bagaimana model yang ideal bagi penilaian hasil belajar PendidikanAgama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Rokan Hulu ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengembangkan model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Rokan yang telah dilakukan selama ini. 2)Untuk mengembangkan Model Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Rokan Hulu yang ideal. Jenis penelitian ini mengunakan pengembangan (Research and Devlopment ) yaitu model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Rokan Hulu. Prosedur pengembangan model hasil belajar Pendidikan Agama Islam mengadopsi teori Borg and Gall, yang dilaksanakan berdasarkan tahapan-tahapan mulai dari Penelitian Awal dan Pengumpulan Informasi sampai pengembangan model akhir. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta dinyatakan belum valid. Maka penulis menanambahkan model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada aspek sikap spiritual yaitu 1) mengamalkan rukun Islam, 2) mengamalkan rukun Iman dan 3) mengamalkan Ihsan. Penambahan batasan setiap mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu mata pelajaran al-Qur’an Hadis memiliki batasan menghayati, memahami dan pembiasaan. Mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki batasan menghayati, memahami dan ketauhidan. Mata pelajaran Fikih memiliki batasan menghayati, memahami, kebersihan (suci ) dan peraturan (hukum. Mata pelajaran SKI memiliki batasan menghayati, memahami, keteladan dan sikap Nasionalisme. Serta penambahan pembuatan instrumen berdasarkan al-Qur’an sehingga model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dinyatakan Valid, dan 2)Model yang ideal penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di MTs Swasta Kabupaten Rokan Hulu, penulis lakukan melalui proses penelitian dan pengembangan (Research and Development ). Setelah perumusan model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam terbentuk, maka model penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam lebih efektif dan efesien.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 02:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 02:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30254 |
Actions (login required)
View Item |