Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisa Pengaruh Implementasi Supply Chain Management Terhadap Intensitas Pesaing dan Kinerja Organisasi pada UMKM Makanan dan Minuman

Wahyudi Arpis, - (2020) Analisa Pengaruh Implementasi Supply Chain Management Terhadap Intensitas Pesaing dan Kinerja Organisasi pada UMKM Makanan dan Minuman. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
file lengkap kecuali bab hasil.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan usaha yang tidak diiringi dengan kemampuan atau kinerja UMKM dapat menyebabkan suatu usaha tidak dapat bertahan ditengah ketatnya persaingan. Berdasarkan hasil Data awal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru UMKM terdapat berbagai alasan UMKM tutup, diantaranya ketatnya persaingan bisnis, pengelolaan yang kurang baik, menurunnya minat beli terhadap suatu produk yang pada akhirnya menyebabkan kerugian UMKM. Supply chain management (SCM) dikembangkan sebagai sistem dan koordinasi strategi dari fungsi bisnis tradisional yang mengelola rantai pasok untuk meningkatkan kinerja jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan implementasi supply chain management dengan intensitas pesaing pada UMKM, menganalisa hubungan intensitas pesaing terhadap kinerja UMKM, dan memberikan rekomendasi pada UMKM Makanan dan minuman di Pekanbaru terkait peningkatan daya saing berdasarkan implementasi supply chain management. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi supply chain management terhadap intensitas pesaing memiliki hubungan yang signifikan dengan pengaruh sebesar 44,5%, hubungan intensitas pesaing terhadap kinerja perusahaan adalah hubungan yang signifikan dengan pengaruh sebesar 65,2%. Dari hasil rekomendasi disarankan kepada pelaku UMKM makanan dan minuman di Kota Pekanbaru melakukan inovasi produk, memperluas dan mencakup seluruh pasar dengan mempertimbangkan aspek distribusi logistic, digital marketing dan pengembangan galeri produk. Diharapkan UMKM juga untuk mengutamakan ketepatan dan kecepatan dalam pengiriman produk kepada pelanggan. Karena skor outer model menunjukkan bahwa kecepatan dan ketepatan produk yang rendah berhubungan dengan kepuasan pelanggan juga masih tergolong kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:39
Last Modified: 09 Sep 2020 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30252

Actions (login required)

View Item View Item