Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Perda Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru (Studi Jalan H.R Soebrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru)

ZIKRI HIDAYATUL HUSNI, - (2020) Implementasi Perda Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru (Studi Jalan H.R Soebrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV(6).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
GABUGNA KECUALI BAB IV(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ZIKRI HIDAYATUL HUSNI NIM:11624200825 Skripsi ini berjudul: Implementasi Perda Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru (Studi Jalan H.R Soebrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru) Ditinjau Dari Fiqh Siyasah. Penelitian ini membahas tentang implementasi pelayanan parkir di tepi jalan umum yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru terhadap pengelolaan parkir di tepi jalan umum di jalan H.R Soebrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru dalam rangka meningkatkan efektivitas pengelolaan retribusi daerah dari sektor parkir. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan parkir di lapangan dengan turut serta mengidentifikasi peran-peran pihak yang bertanggung jawab dan menguraikan penerapan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Sosiologi Hukum dengan metode penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi lapangan, dan wawancara langsung sebagai data primer yang dihimpun dari pihak Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Sedangkan data sekunder adalah data yang didapat dari buku-buku, dokumentasi yang terkait langsung dengan permasalahan yang diteliti, setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Melalui wawancara dan observasi di lapangan penulis memperoleh hasil setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan Fiqh Siyasah dengan menampilkan nash Al-Qur‟an, dan kaidah fiqhiyah untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian yang disajikan dan ditinjau yang telah dilakukan, maka penulis memperoleh jawaban bahwasanya terkait implementasi Perda tentang retribusi parkir oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir Dinas Perhubungan adalah sesuatu yang belum tercapai ukuran suatu implementasi. Dimana Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru selaku pengelola retribusi parkir tidak sesuai dengan tinjauan fiqh siyasah karena pemimpin adalah orang yang bertanggung jawab atas pelaksanaan peraturan yang telah ditetapkan dan disahkan secara hukum untuk mencapai kesejahteraan masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:24
Last Modified: 09 Sep 2020 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30236

Actions (login required)

View Item View Item