Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI HIDROKARBON BERBASIS ANDROID

SRI LEGINI, - (2020) DESAIN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI HIDROKARBON BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SRI LEGINI.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Legini (2020): Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Game Edukasi Hidrokarbon Berbasis Android SMK Negeri 7 Pekanbaru membebaskan siswanya untuk membawa smartphone kesekolah, namun pemanfaatan smartphone dalam proses pembelajaran belum optimal. Siswa lebih bayak menggunakan smartphone yang mereka bawa untuk bermain game. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti perlu mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan penggunaan smartphone oleh siswa, yaitu berupa game (permainan) edukasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran game edukasi hidrokarbon berbasis android yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model pengembangan Borg and Gall yang direduksi dari 10 langkah menjadi 5 langkah penelitian. Uji coba produk awal dilakukan di SMK Negeri 7 Pekanbaru terhadap 2 orang guru mata pelajaran kimia dan 10 orang peserta didik kelas XI RPL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran game (permainan) edukasi hidrokarbon berbasis android ini dikatakan sudah sangat valid dan sangat praktis dengan persentase penilaian ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran kimia berturut-turut sebesar 88,8%, 96,6%, dan 94,28%. Sedangkan hasil respon peserta didik secara keseluruhan terhadap media pembelajaran game (permainan) edukasi hidrokarbon berbasis android yang dikembangkan yaitu sangat bagus. Dengan demikian, media pembelajaran game (permainan) edukasi hidrokarbon berbasis android ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah, sehingga akan memberikan dampak positif dan mengoptimalkan penggunaan smartphone berbasis android oleh siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game (Permainan) Edukasi, Hidrokarbon, Android.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:18
Last Modified: 09 Sep 2020 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30232

Actions (login required)

View Item View Item