Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

SYARIFAH RAUF LAUDZAUNNA, - (2020) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
SKRIPSI SYARIFAH RAUF LAUDZAUNNA.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Syarifah Rauf Laudzaunna, (2020) : Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pengumpulan data melalui angket gaya belajar, tes hasil belajar ranah kognitif dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Tri Bhakti Pekanbaru dan objek penelitian adalah hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI IPA yang berjumlah 40 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Data diolah dan dianalisis menggunakan rumus uji korelasi product moment pearson. Berdasarkan hasil penelitian analisis data diperoleh nilai Sig. (2-tailed) antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa adalah sebesar 0,001 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) yang berarti terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa. Diketahui juga nilai rhitung untuk hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa adalah sebesar 0,498 yang mana lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,312 ( 0,498 > 0,312 ), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak (terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa). Mayoritas siswa memiliki tipe gaya belajar visual dengan persentase 58%, selanjutnya diikuti oleh siswa yang memiliki gaya belajar auditori yaitu persentasenya sebesar 27%, sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik persentasenya sebesar 15%. Apabila hasil tersebut diiterpretasikan dengan tabel pedoman, angka 0,498 berada diantara 0,40 – 0,70 yang berarti hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa tersebut termasuk sedang atau cukup. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Kesetimbangan Kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:47
Last Modified: 09 Sep 2020 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30231

Actions (login required)

View Item View Item