Siska, - (2020) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA PGRI PEKANBARU PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI SISKA.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Siska, (2020): Analisis Miskonsepsi Siswa SMA PGRI Pekanbaru pada Materi Asam Basa Menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi siswa serta mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi asam basa yang diukur dengan menggunakan instrumen Tes Diagnostik Four-Tier. Materi asam basa merupakan salah satu materi kimia SMA yang sering mengalami kesalahan konsep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, Tes Diagnostik Four-Tier, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi asam basa dengan rata-rata presentase miskonsepsi sebesar 55%. Miskonsepsi terjadi pada semua konsep, yaitu pada konsep teori asam basa sebesar 56%, indikator asam basa sebesar 53%, kekuatan asam basa sebesar 53%, tetapan ionisasi asam dan basa (ka/kb) sebesar 70%, perhitungan pH larutan sebesar 50%, dan konsep pH dalam lingkungan sebesar 54%. Rata-rata persentase tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI IPA SMA PGRI Pekanbaru pada materi asam basa adalah 11% siswa paham konsep, 55% siswa yang mengalami miskonsepsi dengan kriteria sedang, 33% siswa tidak paham konsep, dan 1% siswa yang error. Kata Kunci: Miskonsepsi, Tes Diagnostik Four-Tier, Asam Basa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 02:45 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 02:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30228 |
Actions (login required)
View Item |