Lilis Sugiarti, - (2020) PENGARUH HARGA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBUATAN JOK MOBIL PADA TOKO ARI JAYA MODIFIKASI KOTA BAGAN BATU DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
Abstract
ABSTRAK Lilis Sugiarti, (2020): “Pengaruh Harga dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembuatan Jok Mobil pada Toko Ari Jaya Modifikasi Kota Bagan Batu Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Latar belakang penelitian ini ialah Toko Ari Jaya Modifikasi Kota Bagan Batu yang merupakan usaha jok mobil yang merenovasi dan membuat jok mobil, di mana dalam penjualan jok mobil saat ini mengalami fluktuatif dengan harga dan inovasi yang sudah diperbarui sesuai dengan kualitas yang dihasilkan. Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh variabel harga dan variabel inovasi produk terhadap keputusan konsumen dalam pembuatan jok mobil pada Toko Ari Jaya Modifikasi dan mengetahui perspektif Ekonomi Islam terhadap keputusan konsumen pada Toko Ari Jaya Modifikasi Kota Bagan Batu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen Toko Ari Jaya Modifikasi yang berjumlah 160 orang dalam 1 tahun terakhir dan sampel yang digunakan sebanyak 62 responden dengan menggunakan tekhnik accidental sampling. Pengumpulan data pada peneleitian ini adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Skala pengukuran menggunakan skala Likert yang diolah menggunakan SPSS versi 23. Uji penelitian yang digunakan adalah uji instrumen berupa uji validitas dan uji realibilitas (simultan), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji f. Berdasarkan penelitian dan pem bahasan, maka penulis dapat menarik suatu kesimpulan beberapa hal sebagai berikut. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi persentase sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 79%. Sedangkan sisanya sebesar 21% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi yang didapat yaitu Y=5,342 + 0,567X1 + 0,385X2. Dari persamaan regresi tersebut produk memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan konsumen pada Toko Ari Jaya Modifikasi yaitu sebesar 0,790 dan secara simultan, harga dan inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan konsumen Penjualan Toko Ari Jaya Modifikasi telah sesuai dengan prinsip jual beli dalam perspektif Ekonomi Islam. Hal ini ditunjukkan dengan praktek jual beli yang dilakukan sesuai dengan etika dalam perdagangan secara Islami. Salah satunya ialah dalam halnya pengambilan keuntungan yang tidak berlebihan dan produk yang dijual bukan barang yang dilarang dalam Syariat Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 03:34 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 03:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30220 |
Actions (login required)
View Item |