Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PERMAINAN BAHASA BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SISWA KELAS IV MI AL-HIDAYAH PEKANBARU

Titi Mubarokah, - (2020) PENERAPAN METODE PERMAINAN BAHASA BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SISWA KELAS IV MI AL-HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Titi Mubarokah, (2020) : PenerapanMetode Permainan Bahasa Bisik Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak siswa. Diantara gejala-gejalanya yaitu hanya 50% siswa yang dapat menyebutkan ide pokok pada teks non-fiksi, hanya 55% siswa yang mampu menyebutkan kosakata sulit yang ada dalam teks non-fiksi, dan 45% siswa belum mampu menceritakan kembali isi teks non fiksi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak melalui metode permainan bahasa bisik berantai di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode permainan bahasa bisik berantai dan keterampilan menyimak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebelumnya keterampilan menyimak siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku sebelum tindakan hanya mencapai 58% atau berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan keterampilan menyimak pada siklus 1 meningkat menjadi 75% dengan kategori “baik” dan pada siklus II keterampilan menyimak siswa kembali meningkat menjadi 83,33% dengan kategori “sangat baik”. Kata Kunci : Keterampilan Menyimak, Motode Permainan Bisik Berantai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:41
Last Modified: 09 Sep 2020 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30210

Actions (login required)

View Item View Item