Wina Dwi Putri, - (2020) PENGEMBANGAN AKHLAK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
|
Text
UPLOAD.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Wina Dwi Putri, (2020): Pengembangan Akhlak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan akhlak anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran kontekstual. Pengembangan akhlak melalui pembelajaran kontekstual itu sendiri berkaitan dengan aturan dan konvensi tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam interaksinya dengan orang lain dan menerapkan pembelajaran tersebut dalam kehidupan dilingkungan anak. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengembangan akhlak anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian literer dengan mengambil objek penelitian dari buku-buku yang memperkuat teori bahwa upaya guru dalam pengembangan akhlak anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran kontekstual sehingga tujuan dari pembelajaran mampu tercapai. Kepustakaan baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Untuk memperoleh data dengan topik permasalahan tersebut penulis menggunakan penelitian (library research), yaitu metode untuk memperoleh data dari buku-buku yang relevan dengan masalahmasalah tersebut. Analisis data dilakukan dengan deduktif yaitu, pemikiran yang bertolak pada fakta-fakta yang umum kemudian ditarik pada suatu kesimpulan yang bersifat khusus dan induktif, yaitu dengan cara mengambil suatu kesimpulan dari situasi yang konkret menuju pada hal-hal yang abstrak atau dari pengertian yang khusus menuju pengertian yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan akhlak anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran ini guru mengajarkan kepada anak tentang perilaku-perilaku yang dapat mengembangkan akhlak/moral anak, misalnya dengan mengajarkan kepada anak tentang mengerjakan sholat, dan berperilaku sopan yang diajarkan keteladanan serta pembiasaan-pembiasaan kepada anak, baik itu saat tolong menolong, maupun mengucapkan salam dan bersalaman dengan guru saat jumpa maupun pulang sekolah. Kata Kunci : Pengembangan Akhlak, Pembelajaran Kontekstual
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 02:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 02:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30208 |
Actions (login required)
View Item |