Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK GADAI DENGAN JAMINAN KARTU PLASMA (Studi Kasus di Desa Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam)

Nurul Hasirin, - (2020) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK GADAI DENGAN JAMINAN KARTU PLASMA (Studi Kasus di Desa Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL HASIRIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hasirin : Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Praktik Gadai dengan Jaminan Kartu Plasma (Studi Kasus di Desa Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam). Penelitian ini dilatar belakangi oleh praktek penggadaian kartu plasma yang terjadi di Desa Sungai Pinang yang mana transaksi penggadaian dilakukan dengan mengambil manfaat dari barang gadaian tanpa mengurangi hutang dan apabila telah jatuh tempo namun rahin belum bisa mengembalikan uang yang ia pinjam kepada murtahin, maka kartu plasma yang digadaikan masih dipegang oleh murtahin dengan tetap mengambil manfaat dari barang gadaian sampai rahin bisa mengembalikan jumlah uang yang dipinjamnya kepada murtahin.. Rumusan masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan praktik gadai kartu plasma dalam masyarakat Desa Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam, apa faktor yang melatar belakangi masyarakat Desa Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam melakukan praktik gadai dengan jaminan kartu plasma, dan tinjauan Fiqih Muamalah terhadap praktik gadai pada masyarakat Desa Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam dengan jaminan kartu plasma. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara langsung. Populasi dalam penelitian ini 20 orang penduduk Desa Sungai Pinang yang memiliki kartu plasma yang melakukan praktik gadai. Sedangkan sampel dalam penelitian ini 20 orang yang memiliki kartu plasma yang melakukan praktik gadai, dengan menggunakan sampling jenuh atau total sampling karena jumlah populasi relatif kecil, kurang dari 30 orang. Selain itu, dilengkapi dengan data primer yang diperoleh dari tangan pertama yang terkait dengan tema penelitian ini, dan data sekunder yang diperoleh dari literatur dan beberapa buku serta bahan-bahan hukum yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu setelah semua data terkumpul, maka diklarifikasi dalam pemaparan dan penjelasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik gadai kartu plasma dalam masyarakat Desa Sungai Pinang terjadi karena ada penawaran murtahin kepada rahin untuk menerima pinjaman uang dengan barang gadaian yang memiliki nilai harga. Karena faktor ekonomi dan kebutuhan mendesak masyarakat menggunakan kartu plasma sebagai barang gadaian dengan syarat manfaat dari barang gadaian diambil oleh murtahin sampai rahin bisa mengembalikan uang pinjamannya. Jika ditinjau berdasarkan Fiqih Muamalah transaksi gadai kartu plasma menyalahi kaidah-kaidah dalam Fiqih Muamalah, seperti kaidah “ كم لشض جشي فُعت ف سٕٓبب ” dan kaidah “ٌ .”انغ ىُ بب نغشيٙ أنخشاج ببنض بً Selain itu transaksi ini juga tidak sesuai dengan Al-Quran dan hadits Rasulullah Saw, karena mengandung riba jahiliyah di dalamnya. Kata Kunci: Praktik Gadai, Fiqih Muamalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:35
Last Modified: 09 Sep 2020 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30205

Actions (login required)

View Item View Item