Sri Endah Mulyawati, - (2020) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 TELUK KUANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
|
Text
skripsi gabung.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Endah Mulyawati, (2020) : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika berdasarkan Self Efficacy Matematis Siswa SMPN 1 Teluk Kuantan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika berdasarkan self efficacy siswa, dan ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Kuantan, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII.2 dan kelas VIII.5 dengan siswa masing-masing sebanyak 28 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan pemahaman konsep matematika, angket berupa lembar angket self efficacy. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) dengan Self Efficacy matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pada penelitian ini penerapan langkah-langkah strategi pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) tidak dapat dijadikan acuan keberhasilan belajar siswa ditinjau dari keterbatasan penelitian. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Self Efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 02:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 02:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30204 |
Actions (login required)
View Item |