HAMSYI YAMAIDI, - (2020) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SYEKH BURHANUDDIN KUNTU KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
COVER-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
|
Text (BAB IV)
HAMSYI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Hamsyi Yamaidi (2020): Manajemen Strategik dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen strategik dalam pengembangan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Diketahui Pondok Pesantren mengalami kesenjangan kesenjangan dalam hal perumusan srtategi dan evaluasi strategi, di mana dengan banyaknya jumlah santri dapat menimbulkan permasalahan baru terkait dengan pengembangan pendidikan Islam serta mutu dan kualitas pendidikan Islam, jumlah santri tidak berimbang dengan jumlah pengasuh dan tidak didukung oleh sarana prasarana yang memadai. Metode peneltian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian terdiri dari pimpinan Pondok Pesantren, Kepala Madrasah Tsanawiyah (al-Wustha), Kepala Madrasah Aliyah (al-Ulya), Wakil Kepala Madrasah Aliyah (al-Ulya) Bidang Kurikulum, Bidang Kesiswaan, Bidang Sarana dan Prasarana dan Bidang Hubungan Masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) penerapan manajemen strategik dalam pengembangan pendidikan Islam pada tahapan pengamatan dan analisis lingkungan di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, mencakup : pengamatan dan analisis lingkungan eksternal (geografis, agama, sosial, budaya dan ekonomi), dan pengamatan dan analisis lingkungan internal (Sumber Daya Manusia/ pimpinan, pengelola, guru dan pegawai), santri/ siswa, sumber dana, sarana dan prasarana), (2) penerapan manajemen strategik dalam pengembangan pendidikan Islam pada tahapan perumusan strategi di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu, mencakup : merumuskan dan menetapkan visi, misi dan tujuan, dan merumuskan dan menetapkan strategi, arah dan kebijakan, (3) penerapan manajemen strategik dalam pengembangan pendidikan Islam pada tahapan implementasi strategi di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu, mencakup : menerapkan sistem pendidikan, kurikulum, jadwal kegiatan pembelajaran, kultur pembelajaran, dan metode pembelajaran, dan (4) penerapan manajemen strategik dalam pengembangan pendidikan Islam pada tahapan evaluasi dan pengendalian (control strategi) di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu, mencakup : menerapkan peraturan, adab dan etika santri/ siswa, menerapkan peraturan, adab dan etika ustadz/ guru, melakukan komunikasi dan rapat koordinasi (briefing), menyusun laporan bulanan, dan menyusun laporan tahunan. Kata Kunci : Manajemen Strategik, Pengembangan, Pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 03:26 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 03:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30196 |
Actions (login required)
View Item |