Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT(STUDI KASUS: PECEL LELE CAK LOMON)

Mukhtar Arief, - (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT(STUDI KASUS: PECEL LELE CAK LOMON). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Skripsi Lengkap No Bab 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB 4 UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)

Abstract

MUKHTAR ARIEF NIM. 11552104699 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 ABSTRAK Berkembangnya usaha pecel lele diwilayah Kecamatan Tampan disebabkan adanya instansi/ perguruan tinggi maupun swasta, instansi para pembisnis, dan lembaga pendidikan lainnya, yang mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Salah satu bisnis kuliner yang menjadi objek penelitian ini ialah Pecel lele Cak Lomon. Permasalahan yang sering dihadapi Pecel lele Cak Lomon adalah pelayanan dan respon karyawan yang minim sehingga terjadi kesalahan menu dan porsi produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pelayanan dan merancang strategi pelayanan yang paling efektif dalam upaya meningkatkan penjualan produk makanan pada Pecel lele Cak Lomon. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi perlu melakukan strategi pelayanan dengan menggunakan metode SWOT. Penentuan strategi diterapkan melalui tahap input dilakukan dengan menggunakan metode Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE). Pada matriks IFE didapatkan total skor sebesar 2,864, sedangkan pada Matriks EFE didapatkan skor sebesar 2,724. Matriks IE menggunakan skor yang didapatkan pada matriks IFE dan Matriks EFE menunjukkan bahwa Pecel lele Cak Lomon berada di sel V, dengan strategi yang dapat digunakan yaitu menjaga dan mempertahankan. Matriks SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat digunakan Pecel lele Cak Lomon. Berdasarkan tahap pencocokan dengan metode Matriks IE dan Matriks SWOT. alternatif strategi pelayanan yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah pemberikan bonus khusus untuk karyawan. Kata Kunci– Pelayanan, Matriks IFE, Matriks IFE EFE, Matriks SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:32
Last Modified: 08 Sep 2020 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30195

Actions (login required)

View Item View Item