Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pelaksanaan Program Kelas Unggul terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Jurusan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang

Restiatul Novinda, - (2020) Pengaruh Pelaksanaan Program Kelas Unggul terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Jurusan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Restiatul Novinda,(2020): Pengaruh Pelaksanaan Program Kelas Unggul terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Jurusan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pelaksanaan program kelas unggul (variabel X) dan keaktifan belajar siswa (variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif antara pengaruh pelaksanaan program kelas unggul terhadap keaktifan belajar siswa pada jurusan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang dan objeknya adalah pengaruh pelaksanaan program kelas unggul terhadap keaktifan belajar siswa pada jurusan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 237 siswa, dan diambil sampel sebanyak 60 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya adalah korelasi deskriptif kuantitatif menggunakan teknik product moment. Dari analisis data dapat dilihat bahwa pelaksanaan program kelas unggul pada jurusan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang berada pada kategori sangat baik/sangat tinggi dengan persentase 87,22% dan keaktifan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang berada pada kategori baik/tinggi dengan persentase 80,27%. Sedangkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh dari r_hitung 0,503 lebih besar dari r_(tabel ) pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,250 maupun pada taraf 1% sebesar 0,325. Dengan demikian berarti H_a diterima dan H_0 ditolak, berarti ada pengaruh yang positif antara pelaksanaan program kelas unggul terhadap keaktifan belajar siswa pada jurusan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang Kata Kunci : Pengaruh, Kelas Unggul, Program Keagamaan, Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:57
Last Modified: 08 Sep 2020 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30186

Actions (login required)

View Item View Item