Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTIONS OF USING SMARTPHONE IN TEACHING AND LEARNING AT SMA N 1 BANGKINANG KOTA

Rizki Ananda Saputra, - (2020) ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTIONS OF USING SMARTPHONE IN TEACHING AND LEARNING AT SMA N 1 BANGKINANG KOTA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
cover-lampiran repository2.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
thesis bab 4 repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (851kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru tentang penggunaan smartphone sebagai media dalam pengajaran dan pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris di SMA N 1 Bangkinang Kota. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mengumpulkan data menggunakan observasi non-partisipan dalam proses belajar mengajar, wawancara dengan guru bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan smartphone dalam proses belajar mengajar. Guru merasa senang menggunakan media pendukung itu karena dapat meningkatkan inovasi dan kualitas guru. Kemudian, penelitian ini menemukan bahwa persepsi guru dikategorikan ke dalam tiga aspek persepsi yaitu kognitif, afektif dan konatif. Dengan melakukan penelitian ini, guru juga merasakan bahwa menggunakan smartphone adalah alat pembelajaran untuk meningkatkan kurikulum dan penggunaannya berhubungan dengan praktik kehidupan nyata. Selain itu, ada beberapa rekomendasi yang berpotensi berguna untuk mengetahui persepsi guru tentang menggunakan smartphone dalam mengajar dan belajar bahasa Inggris di SMA N 1 Bangkinang Kota. Rekomendasi ini dapat bermanfaat bagi guru, pengembang kurikulum, pemerintah, dan juga peneliti di masa depan. Berdasarkan temuan di atas, penelitian ini memberikan evaluasi tentang penerapan penggunaan teknologi di era 4.0 seperti dengan menggunakan smartphone dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Kata Kunci : Persepsi Guru, Smartphone, Pengajaran dan Pembelajaran

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:48
Last Modified: 07 Sep 2020 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30176

Actions (login required)

View Item View Item