Fajar Albanjari, - (2020) Analisis Tingkat Kreativitas Berwirausaha Siswa Melalui Penerapan Teori 4P pada Kegiatan Unit Produksi Tekstil Program Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (961kB) |
|
Text
SKRIPSI FAJAR ALBANJARI.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Fajar Albanjari (2020): Analisis Tingkat Kreativitas Berwirausaha Siswa Melalui Penerapan Teori 4P pada Kegiatan Unit Produksi Tekstil Program Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas berwirausaha siswa melalui penerapan teori 4P pada kegiatan unit produksi tekstil program keahlian kriya kreatif batik dan tekstil di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang pada saat melakukan kegiatan unit produksi tidak sesuai sebagaimana mestinya, seperti tidak ikut di dalam kegitan unit produksi, tidak percaya diri terhadap produk yang dihasilkanya, kesulitan menciptakan ide-ide baru dalam produk, dan siswa pasif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa program keahlian kriya kreatif batik dan tekstil, sedangkan objeknya adalah tingkat keativitas berwiarausaha siswa melalui teori 4P pada kegiatan unit produksi tekstil di kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah 3 siswa sebagai informan kunci dan 71 informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kreativitas berwirausaha siswa melalui penerapan teori 4P pada kegiatan unit produksi tekstil program keahlian kriya kreatif batik dan tekstil tergolong baik yakni 78,40%. Kegiatan yang dilakukan siswa dalam tingkat berwirausaha siswa melalui penerapan teori 4P pada kegiatan unit produksi teksti adalah: Pribadi (person): mempunyai gagasan terlebih dahulu, memahami masalah, displin dan tanggung jawab, tekun dalam kegiatan, percaya dengan kemampuan, berpikir kritis, selalu berinisiatif, selalu berprasangka baik dan siap mengambil resiko yang ada; Pendorong (press): kebebasan mengembangkan ide kreatifitas, merasa keberadanya diakui di unit produksi, memberikan motivasi untuk mengkomunikasikan ide-ide yang baru, mampu bersikap layaknya seorang wirausahawan; Proses (process): pengumpulkan banyak informasi yang di dapati, mencari inspirasi ide yang akan dituangkan, melakukan uji coba terhadapa ide yang didapati; Produk (product); mampu mengahsilkan produk baru atau sebelumnya, menghasilkan produk yang dapat di terima orang lain, mengahsilkan nilai produk dari kombinasi-kombinasi yang meningkatkan nilai tambah Kata Kunci: Analisis, Kreativitas Berwirausaha, Teori 4P, Unit Produksi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 03:49 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30156 |
Actions (login required)
View Item |