Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DAN KOMITMEN DENGAN PEMAAFAN DALAM PERSAHABATAN REMAJA (Studi Pada Remaja di SMPN 3 Seberida, Kab. Indragiri Hulu)

RISKA FITRIANI, - (2020) HUBUNGAN ANTARA EMPATI DAN KOMITMEN DENGAN PEMAAFAN DALAM PERSAHABATAN REMAJA (Studi Pada Remaja di SMPN 3 Seberida, Kab. Indragiri Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DAN KOMITMEN DENGAN PEMAAFAN DALAM PERSAHABATAN REMAJA (Studi Pada Remaja di SMPN 3 Seberida, Kab. Indragiri Hulu) Oleh RISKA FITRIANI riskafitriani0403@gmail.com Fakultas Psikologi UIN Suska Riau Abstrak Sahabat (friends) adalah sekumpulan kawan yang terlibat dalam kebersamaan, saling mendukung, dan memiliki keakraban. Dalam sebuah hubungan persahabatan akan terjadi sebuah konflik, dalam menyikapi konflik tersebut harus ada sikap memaafkan dalam mengatasi sebuah konflik. Hal yang mempengaruhi seseorang memberikan maaf yaitu adanya rasa empati dan komitmen dalam menjalin sebuah hubungan persahabatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dan komitmen dengan pemaafan pada siswa SMPN 3 Seberida. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Seberida yang berjumlah 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala empati, komitmen dan pemaafan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan secara parsial ada hubungan signifikan antara empati terhadap pemaafan, dan terdapat hubungan yang signifikan juga antara komitmen terhadap pemaafan. Secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara empati dan komitmen terhadap pemaafan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa empati dan komitmen memberikan sumbangan efektif sebesar 23,7 % terhadap pemaafan dan sisanya sebesar 76,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : empati, komitmen, dan pemaafan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 07 Sep 2020 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item