Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 DUMAI

Feni Astuti, - (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
SKRIPSI FENI ASTUTI.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Feni Astuti, (2020) : Efektivitas Teknik Assertive Training dalam Layanan Konseling Kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri Siswa dalam Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Dumai Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberi teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pretest dan posttest design. Populasi Penelitian ini sebanyak 181 siswa SMK Negeri 5 Dumai namun penelitian ini dilakukan secara sampel kepada 15 siswa yang kepercayaan diri rendah dalam belajar melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan Uji Wilcoxon’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum diberikan teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar berada dikategori rendah dengan rata-rata persentase 48% dan setelah diberikan Teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan persentase 71%. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan pretest dan posttest. Jadi dapat disimpulkan teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar yang dilihat dari hasil uji wilcoxon menunjukkan Z tabel <Z hitung, 0.001<0.05 yang berarti bahwa teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Dumai. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Assertive Training, Layanan Konseling Kelompok, Kepercyaan Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:47
Last Modified: 07 Sep 2020 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30147

Actions (login required)

View Item View Item