Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN OPTIMISME DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK N 2 BUKITTINGGI

TEDY SUHANDHA WIJAYA, - (2020) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN OPTIMISME DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK N 2 BUKITTINGGI. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Motivasi belajar merupakan kondisi psikologis yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan aktivitas belajar guna mencapai suatu tujuan. Beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah harga diri dan optimisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan harga diri dan optimisme dengan motivasi belajar. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara harga diri dan optimisme dengan motivasi belajar pada siswa SMK N 2 Bukittinggi. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan model skala likert untuk variabel harga diri, optimisme dan motivasi belajar kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis multiple regresi. Hasil dari penelitian ini adalah ada hubungan antara harga diri dan optimisme dengan motivasi belajar siswa SMK N 2 Bukittinggi dengan nilai (r) = 0,544 dan p = 0,000, (p < 0,05) sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektifitas harga diri dan optimisme dengan motivasi belajar siswa sebesar 32,5 %. Kata kunci: harga diri, optimisme, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:43
Last Modified: 07 Sep 2020 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30145

Actions (login required)

View Item View Item