Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEKANBARU

Miftah Faridh, - (2020) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAH FARIDH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Miftah Faridh, (2020): Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Pekanbaru serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah beberapa orang tenaga pendidik dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum sedangkan objeknya adalah pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Pekanbaru dilakukan dengan penyediaan sarana TIK untuk mendukung proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga penilaian hasil pembelajaran yang telah dilakukan pada seluruh mata pelajaran. Pemanfaatan TIK juga membantu tenaga pendidik dalam proses pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan dapat lebih menarik, kreatif, dan aktif. Disamping itu pemanfaatan TIK juga telah mendukung ketercapaian tujuan kurikulum 2013 dan sesuai dengan misi SMA Negeri 3 Pekanbaru. Faktor yang mendukung pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Pekanbaru yakni adanya pelatihan terkait pemanfaatan TIK dalam pembelajaran bagi para tenaga pendidik, tersedianya router jaringan Wi-Fi yang tersebar di beberapa bagian gedung sekolah, serta adanya kebijakan pengalokasian anggaran pengadaan sarana TIK. Faktor yang menghambat pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Pekanbaru terbagi dalam dua jenis, yakni faktor penghambat yang bersifat fisik, yaitu jumlah proyektor sebagai salah satu sarana TIK yang belum memenuhi kebutuhan sekolah sesuai rombongan belajar. Kemudian faktor penghambat yang bersifat non fisik, yakni masih kurangnya kompetensi sebgian tenaga pendidik dalam mengintegrasikan TIK kedalam pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP, serta terbatasnya jumlah tenaga pendidik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang penggunaan komputer dan internet. Kata kunci: Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran, dan Pelaksanaan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Sep 2020 01:30
Last Modified: 08 Sep 2020 01:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30143

Actions (login required)

View Item View Item