Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI STOIKIOMETRI

Annisa Rahmi, - (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI STOIKIOMETRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Rahmi, (2019): Analisis Kesulitan Belajar dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Stoikiometri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar kimia dan hubungannya terhadap hasil belajar siswa di kelas XII IPA 2 di SMAN 10 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 10 Pekanbaru dan sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan tes dan angket. Melalui teknik analisis data yaitu dengan teknik analisis deskriptif diketahui adanya faktor kesulitan belajar yaitu faktor minat siswa dengan persentase 73,46% yang berada pada kategori sedang, faktor orang tua sebesar 77,6% yang berada pada kategori tinggi, dan faktor materi pelajaran memberikan kesulitan belajar kepada siswa sebesar 64,2% yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) antara kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa adalah sebesar 0,002 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05). Diketahui juga nilai rhitung untuk hubungan kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa adalah sebesar 0,432 yang mana lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,361 (0,432 > 0,361), yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa. hubungan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa tersebut termasuk sedang atau cukup. Penelitian ini dilakukan sebagai rekomendasi bagi guru agar mengetahui faktor-faktor apa yang membuat siswa kesulitan dalam belajar. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Hasil Belajar, Stoikiometri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:01
Last Modified: 08 Sep 2020 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30135

Actions (login required)

View Item View Item