Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR UNTUK MENDUKUNG HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Iswanda, - (2020) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR UNTUK MENDUKUNG HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Iswanda, (2020): Efektivitas Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Menggunakan App Inventor Untuk Mendukung Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Media pembelajaran berbentuk android membutuhkan uji efektivitas untuk mengetahui implementasi materi disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran kimia Acidbase.apk berbasis android pada materi asam basa terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bangko apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan disekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Exsperiment dengan pretest-posttest control group design menggunakan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji N-gain. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (0,762) < ttabel (1,995) dan nilai signifikansi adalah 0,448 > α (0,05), dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan uji N-gain, media pembelajaran android termasuk kriteria rendah dengan indeks normalized gain sebesar 0,28, sedangkan pembelajaran konvensional termasuk kriteria sedang dengan indeks normalized gain sebesar 0,44. Sehingga peningkatan hasil belajar media pembelajaran berbasis android lebih rendah dibandingkan dengan metode konvensional. Disimpulkan bahwa tidak selalu aplikasi berbasis komputer atau android efektif untuk mendukung hasil belajar. Dibutuhkan pengayaan materi pada media berbasis android, dilengkapi contoh dan soal untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa agar lebih baik lagi. Kata Kunci: Efektivitas, Media Pembelajaran, Andorid, Konvensional, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:01
Last Modified: 07 Sep 2020 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30129

Actions (login required)

View Item View Item