Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE UNTUK MENDUKUNG HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Fitri Rosyidah Nur P, - (2020) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE UNTUK MENDUKUNG HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRI ROSIDAH.pdf

Download (38MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Rosyidah Nur P, (2020) : Efektivitas Media Pembelajaran Adobe Flash Professional CS6 Berbasis Multiple Intellegences untuk Mendukung Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa. Penelusuran kecerdasan untuk mendukung kemampuan multiple intellegences siswa memerlukan adanya media yang dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah Adobe Flash Professional CS6. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektvitas media pembelajaran Adobe Flash Professional CS6 berbasis Multiple Intellegence terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas XI MS. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMA Negeri Plus Provinsi Riau dengan materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-Experimental Designs. Sampel penelitian ini terdiri dari 58 siswa berdasarkan teknik teknik sample purposif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest dan posttest serta wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perolehan ratarata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 93.82 dan kelas kontrol sebesar 87.13, hal ini juga terbukti dari hasil perhitungan uji-t yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang mana lebih kecil dari 0.05 sehingga keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-gain menunjukkan bahwa media pembelajaran Adobe Flash Professional CS6 berbasis Multiple Intellegences efektif untuk mendukung hasil belajar siswa terbukti dari perolehan nilai N-gain kelas eksperimen dari masing-masing siswa, yaitu terdapat sebanyak 26 orang siswa pada kategori N-gain tinggi dengan persentase 86,2% dan 4 orang siswa pada kategori N-gain sedang dengan persentase 13,7% yang masuk dalam kategori efektif. Namun demikian masih dibutuhkan dukungan dari aspek lain untuk mengupayakan optimalisasi potensi siswa dengan multiple intellegences. Kata Kunci: Adobe Flash Professional CS6, Hasil Belajar Siswa, Asam Basa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:29
Last Modified: 07 Sep 2020 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30127

Actions (login required)

View Item View Item