Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTANGGUNGJAWABAN DROPSHIPPER KEPADA PEMBELI YANG BERTRANSAKSI ONLINE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus pada Akun Online Shop @KafkaStuffClinic)

REKY SYUKRO ARFAL, - (2020) PERTANGGUNGJAWABAN DROPSHIPPER KEPADA PEMBELI YANG BERTRANSAKSI ONLINE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus pada Akun Online Shop @KafkaStuffClinic). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab ib.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (925kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mengangkat dua rumusan masalah, yaitu bagaimana pertanggungjawaban dropshipper kepada pembeli yang dirugikan, dan bagaimana perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli melalui online shop yang dilakukan dropshipper terhadap para pembeli yang dirugikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum empiris atau sosiologis yang bersifat studi lapangan (field research). Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian hukum empiris. Di mana jenis penelitian ini berguna untuk melihat implementasi aturan hukum terkait transaksi bisnis online dengan apa yang ditemukan di lapangan. Hal ini terkait data yang ditemukan di akun online shop Kafka Stuff Clinic selaku dropshipper di Instagram. Ada celah wanprestasi yang dapat merugikan konsumen akhir. Dropshipper sebagai ‘konsumen antara’ memiliki pengaruh dalam transaksi bisnis berbasis online khususnya dalam pemenuhan hak-hak konsumen seperti apa yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlidungan Konsumen. Dalam penerapannya, online shop Kafka Stuff Clinic telah melakukan pelanggaran terhadap hak-hak dasar konsumen, yaitu wanprestasi dengan mengirimkan produk pakaian yang tidak sesuai alias cacat produksi lewat supplier-nya. Alhasil, Kafka Stuff Clinic selaku dropshipper mesti bertanggung jawab kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:13
Last Modified: 07 Sep 2020 02:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30115

Actions (login required)

View Item View Item