Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontribusi Keaktifan Mengikuti Program Jum’at Mengaji Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti.

Nurhabibun, - (2020) Kontribusi Keaktifan Mengikuti Program Jum’at Mengaji Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhabibun, (2020): Kontribusi Keaktifan Mengikuti Program Jum’at Mengaji Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an adalah keaktifan jum’at mengaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keaktifan mengikuti jum’at mengaji. 2) Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa. 3) kontribusi yang Signifikan keaktifan jum’at mengaji Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan November sampai dengan Desember 2019. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti. Sedangkan objek penelitiannya adalah keaktifan mengikuti jum’at mengaji dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti yang berjumlah 34 orang. Penulis mengambil seluruh populasi untuk menjadi sampel . Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka dapat disimpulkan: 1) keaktifan jum’at mengaji di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti sangat baik yaitu dengan persentase 82,72% karena persentase tersebut berada pada interval 81%-100%. 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tergolong baik mayoritas sebanyak 15 orang atau 44,12% dari 34 siswa tergolong baik, sedangkan sebanyak 8 orang atau 23,53% tergolong baik sekali, dan sebanyak 9 orang atau 26,47% tergolong cukup baik, serta 2 orang atau 5,88% tergolong kurang baik dengan rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an siswa adalah sebesar 71,0973. 3) Ada kontribusi yang signifikan keaktifan Jum’at mengaji terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti. Konstribusi atau sumbangan pengaruh keaktifan Jum’at mengaji terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa adalah 44,76%, sedangkan sisanya 55,24% adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang juga menunjang tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Hal ini mengandung arti semakin baik keaktifan mengikuti Jum’at mengaji maka semakin tinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti, sebaliknya semakin buruk keaktifan mengikuti Jum’at mengaji maka semakin rendah kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Rangsang Kabupaten Meranti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:39
Last Modified: 08 Sep 2020 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30105

Actions (login required)

View Item View Item