Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PEMBAYARAN UPAH KARYAWAN (Study Pada CV. Tuo Mujolai Palas Rumbai Kota Pekanbaru)

VONI ELVIONITA, - (2020) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PEMBAYARAN UPAH KARYAWAN (Study Pada CV. Tuo Mujolai Palas Rumbai Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
SKRIPSI VONI ELVIONITA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Voni Elvionita: Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Pembayaran Upah Karyawan (Study Pada Cv. Tuo Mujolai Palas Rumbai Kota Pekanbaru) Penelitian ini dilatarbelkangi oleh sistem pengupahan dalam dunia kerja merupakan salah satu dari bagian hak pekerja atas kegiatan dalam bermuamalah. upah itu tidak lepas dari masalah yang tidak pernah habisnya. persoalan upah mengupah yang terjadi dalam masyarakat makin luas dalah satunya yaitu praktik pembayaran upah mengupah pada usaha cv. Tuomujolai palas Rumbai yang bergerak dibidang pengelolaan kayu dan toko bangunan, fenomena yang terjadi sebenarnya dalam teori fiqih muamalah sudah dijelaskan upah yang dibayarkan haruslah adil dan diberikan tepat waktu. namun fenomena di lapangan ditemukan ada beberapa masalah tentang pembayaran upah karyawan. Rumusan masalah bagaimana pelakasanaan sistem pengupahan yang dilakukan pada karyawan di CV. Tuomujolai palas Rumbai, bagaimana Tinjauan Fiqih Muamalah tentang pelakasanaan sistem pengupahan yang dilakukan pada karyawan di CV. Tuomujolai palas Rumbai. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Tuomujolai palas Rumbai yang berjumlah 22 orang, semua dijadikan sampel dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian dianalisa dengan mengunakan analisis Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelakasanaan sistem pengupahan yang dilakukan pada karyawan CV.Tuomujolai palas Rumbai yaitu dimulai dengan adanya kesepakatan yang sudah disampaikan diawal, yaitu upah dibayarkan sekali dalam seminggu, sekali dalam satu bulan dan termasuk bonus. Namun, dalam pelaksanan pembayaran upah masih ada beberapa point yang belum terlaksana dengan baik seperti upah yang dibayarkan tidak tepat waktu, tenaga yang dikeluarkan tidak sesuai dengan upah yang diterima, dan adanya perbedaan upah pada masing-masing karyawan. Tinjauan Fiqih Muamalah tentang pelakasanaan sistem pengupahan yang dilakukan pada karyawan di CV. Tuomujolai palas Rumbai belum sesuai dengan hukum Islam dan hukumnya tidak sah karena salah satu rukun dan syarat ijarah tidak direalisasikan atau tidak terpenuhi yaitu ujrah (upah), dimana ketentuan tentang upah dalam Islam harus di sepakati dan tidak boleh gharar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:48
Last Modified: 07 Sep 2020 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30102

Actions (login required)

View Item View Item