Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus: Toko Cahaya Fajar)

Mastoani Siregar, - (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus: Toko Cahaya Fajar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus: Toko Cahaya Fajar) MASTOANI SIREGAR 11652203512 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Toko Cahaya Fajar merupakan sebuah usaha kecil menengah yang bergerak dibidang produksi berbagai macam tas seperti tas ransel, tas sekolah, tas laptop, tas selempang, dan lain-lain. Permasalahan yang dihadapi adalah tingkat penjualan mengalami penurunan yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, salah satu yang mempengaruhi dari faktor internal yaitu SDM kurang professional dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan proses produksi, kemudian promosi atau pemasaran dilakukan melalui komunikasi dari mulut ke mulut dan Melalui pamphlet yang terdapat di depan toko tersebut. Sedangkan faktor eksternal adalah banyak merek-merek tas yang sudah terkenal serta banyaknya persaingan penjualan dan persaingan harga tas-tas yang ada di pekanbaru. Permasalahan lain yang didapat adalah data penjualan menurun dikarenakan kurangnya promosi, tingkat perekonomian masyarakat menurun, lokasi pemasaran tidak strategis dan tidak memasarkan produk tas ke pasar-pasar sehinga pelanggan tidak mengetahui tentang produk dari Toko Cahaya Fajar tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran di Toko Cahaya Fajar, menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau terbaik bagi Toko Cahaya Fajar menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor yang dimiliki Toko Cahaya Fajar sebesar 3,421, sedangkan analisis Matrix EFE sebesar 3,442. Hasil Matrix IE berada pada sel I yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel I terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matriks SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh Toko Cahaya Fajar. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah menciptakan dan mengembangkan produk dengan variasi yang baru dengan skor TAS sebesar 5,981. Kata Kunci : Matrix IE, Matrix IFE EFE, Matrix QSPM, Matrix SWOT, Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:48
Last Modified: 07 Sep 2020 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30099

Actions (login required)

View Item View Item