Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN FUNGSI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN DALAM MENAMPUNG DAN MENYALURKAN ASPRASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA PAYAKUMBUH NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG LEMBAGA KEMASYARAKATAN DI KELURAHAN (STUDI PADA KELURAHAN PADANG KARAMBIA KOTA PAYAKUMBUH)

MUHAMAD AZIZUL, - (2020) PELAKSANAAN FUNGSI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN DALAM MENAMPUNG DAN MENYALURKAN ASPRASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA PAYAKUMBUH NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG LEMBAGA KEMASYARAKATAN DI KELURAHAN (STUDI PADA KELURAHAN PADANG KARAMBIA KOTA PAYAKUMBUH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD AZIZUL.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan adalah lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintahan Kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan. Berdasarkan Pasal 9 Huruf (a) Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Di Kelurahan, berbunyi: Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan mempunyai fungsi menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan. Masyarakat kelurahan dapat menyampaikan semua aspirasi yang diperlukan dalam pembangunan di kelurahan. Dari latar belakang masalah tersebut timbul permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah pelaksanaan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis sosiologis dengan melakukan survei langsung kelapangan. Sumber data yang digunakan data primer yang diperoleh secara langsung dilapangan sebagai objek penulisan dan yang didapatkan dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Padang Karambia dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat belum maksimal, Karena Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan kurang maksimalnya menindak lanjuti segala aspirasiaspirasi masyarakat Kelurahan Padang Karambia. Dalam menyalurkan aspirasi masyarakat juga belum maksimal Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Padang Karambia karena jarang mengadakan pertemuan dengan masyarakat dan tidak menjadwalkan waktu yang tepat untuk mengadakan rapat bersama Ketua RT membahas pembangunan di Kelurahan. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Padang Karambia Kurang maksimalnya melakukan suatu kegiatankegiatan atau program-program yang sifatnya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Sedang faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan adalah kurangnya pemahaman Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan di Kelurahan Padang Karambia dalam menjalankan fungsinya, kurangnya sarana dan prasarana Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan di Kelurahan Padang Karambia, kurang aktif anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan di Kelurahan Padang Karambia dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan, masyarakat kurang memahami fungsi dari Lembaga Pemberdayaan Kelurahan di Kelurahan Padang Karambia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:51
Last Modified: 07 Sep 2020 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30091

Actions (login required)

View Item View Item