Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTIVITAS POLITISI WANITA DAN PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB DALAM KELUARGA DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi pada partai Keadilan Sejahtera di kota pekanbaru)

MASSURA, - (2020) AKTIVITAS POLITISI WANITA DAN PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB DALAM KELUARGA DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi pada partai Keadilan Sejahtera di kota pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
GABUNGA KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah: AKTIVITAS POLITISI WANITA DAN PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB DALAM KELUARGA DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi pada partai Keadilan Sejahtera di kota pekanbaru) Partai keadilan Sejahtera merupakan partai politik yang berasaskan Islam dengan metode dakwah sebagai sarana pergerakannya dalam menegakkan nilai-nilai Islam di segala aspek kehidupan manusia, baik dalam berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. selain itu, partai Keadilan Sejahtera berupaya memberdayakan peran politik muslimah semaksiamal munkin, dengan menempatkan wanita pada posisi yang sesuai dengan kopetensinya dan memprogramnya sedemikian rupa dengan tetap menjunjung tinggi harkat dan martabatnya sebagai wanita menurut ajaran agama Islam. Terjunnya wanita dalam berbagaia bidang aktivitas, terutama dalam bidang politik yang dalam anggapan sebagian besar masyarakat identik dengan dunia yang “kotor”, “keras”, “tidak ramah perempuan” dan bertentangan dengan fitrah perempuan menjadi polemik bagi wanita yang berstatus sebagai istri dan seorang ibu anak-anak yang menjadi tanggung jawab pokok seorang wanita. Di tambah lagi dengan asumsi sebagian ahli yang menyatakan bahwa wanita yang mempunyai kesibukan di luar rumah akan mengakibatkan perpecahan dalam keluarga dengan terbengkalainya tugas dan tanggung jawab mereka dalam keluarga, atau dapat mengakibatkan peralihan fungsi antara suami istri. Apalagi jika memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadits tentang pembagian kerja secara kaku dan tetap. Melalui penelitian ini, penulis akan melihat bagaimana politiisi wanita Partai Keadilan Sejahtera menjalankan peran gandanya dan menempatkan diri mereka di antara partai dan keluarga. Sehingga perjuangan mereka dalam menegakkan nilai-nilai Islam melalui partai tidak menyebabkan terbengkalainya tanggung jawab pokok mereka dalam keluarga. Dengan pendekatan kualitatif, yang terhimpun melalui metode observasi langgsung kelapangan, dokumentasi pada Partai Keadilan Sejahtera dan wawancara terhadap 6 orang politisi wanita Partai Keadilan Sejahtera yang masuk dalam struktur kepengurusan, maka setelah ditinjau menurut hukum Islam, ternyata kesibukan dari aktivitas politik yang mereka lakukan tidak berpengaruh terhdap pelaksanaan tanggung jawab mereka dalam keluarga. Hasil akhir dari penelitian ini adalah, bahwa apapun kesibukan dan aktivitas wanita, tidak akan menyebabkan hilangnya jati dirinya sebagai wanita dan tidak pula menyebabkan terbengkalainya tanggung jawab mereka dalam keluarga, jika dalam melakukan aktivitas tersebut mereka tetap berpegang teguh pada ajaran agama dengan semua ketentuan dan hukum-hukumnya. Seperti yang dilakukan oleh politisi wanita Partai Keadilan Sejahtera di kota pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:50
Last Modified: 07 Sep 2020 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30078

Actions (login required)

View Item View Item