Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN GAS ELPIJI 5,5 KG (NON SUBSIDI) DI DESA PENGALIHAN KECAMATAN KERITANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Megawati, - (2020) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN GAS ELPIJI 5,5 KG (NON SUBSIDI) DI DESA PENGALIHAN KECAMATAN KERITANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Megawati (2020) : “Pengaruh Strategi Pemasaran Dalam meningkatkan Penjualan Gas Elpiji 5,5 Kg (Non Subsidi) Didesa Pengalihan Kecamatan Keritang Ditinjau Dari Ekonomi Islam” Penelitian ini dilatarbelakangi dimana strategi pemasaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan gas elpiji 5,5 kg karena hal tersebut berkaitan langsung dengan strategi yang digunakan oleh distributor gas elpiji dalam menjual gas elpiji 5,5 kg kepada masyarakat, strategi yang digunakan oleh distributor jelas mengenai strategi pemasaran akan memberikan peningkatandalam penjualan gas elpiji 5,5 kg kepada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan gas elpiji 5,5 kg didesa pengalihan kecamatan keritang dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tetang penjualan gas elpiji 5,5 kg didesa pengalihan kecamatan keritang. Penelitian ini dilakukan didesa pengalihan kecamatan keritang (distributos gas elpiji desa pengalihan, warung dua bersaudara) Populasinya berjumlah 200 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang responden yang diambil berdasarkan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Angket, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan. Selanjutnya penulis menganalisa data menggunakan kuantitatif dengan menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 8,983+ 0,288X artinya bahwa variabel strategi pemasaran berpengaruh positif terhadap variabel penjualan gas elpiji 5,5 kg. Hal ini juga diuji dengan menggunakan uji t dapat dilihat dari nilai thitung (7,068) > ttabel (1.997) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk uji Koefisien Determinasi (R2) hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,435. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (strategi pemasaran) terhadap naik turunnya variabel dependen (penjualan gas elpiji 5,5 kg) adalah sebesar 43,5% dan sisanya 56,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini. Pada koefisien korelasi diketahui nilai R sebesar 0,659. Artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (strategi pemasaran) dengan variabel dependen (penjualan gas elpiji 5,5 kg) memiliki hubungan yang kuat. Ditinjau menurut Ekonomi Islam, sesuai jawaban kuisioner dari responden bahwa penjualan gas elpiji 5,5 kg di desa pengalihan kecamatan keritang(distributor gas elpiji) sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam, bahwa distributor gas elpiji dalam memberikan pelayanan dan penjelasan kepada masyarakat mengenai gas elpiji 5,5 kg sudah sesuai dengan konsep ekonomi islam yang mengutamakan Prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan berdasarkan keadilan, tanggap terhadap perubahan, berbuat yang terbaik dari sisi produk dan harga, rela sama rela dan adanya khiar kepada pembeli, tidak melakukan tadlis, dan juga berdasarkan prinsip kejujuran. Keyword : Strategi Pemasaran, Penjualan Gas Elpiji 5,5 Kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:57
Last Modified: 08 Sep 2020 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30066

Actions (login required)

View Item View Item