Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Profesi Isteri Sebagai Driver Ojek Online Untuk Memenuhi Nafkah Keluarga (Studi Kasus Driver Ojek Online Wanita Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru)

AULIA WULAN SARI, - (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Profesi Isteri Sebagai Driver Ojek Online Untuk Memenuhi Nafkah Keluarga (Studi Kasus Driver Ojek Online Wanita Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
gabungan kecuali bab iv.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK AULIA WULAN SARI (2020) : Tinjauan Hukum Islam Terhadap Profesi Isteri Sebagai Driver Ojek Online Untuk Memenuhi Nafkah Keluarga (Studi Kasus Driver Ojek Online Wanita Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya isteri yang berprofesi sebagai driver ojek online untuk memenuhi nafkah keluarga,dan Islam sangat menganjurkan perempuan untuk menjaga rumah tangganya, disebabkan adanya batasan ruang gerak perempuan yang apabila dilakukan di luar rumah dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dan juga akan menambah tugas dan perannya sebagai ibu rumah tangga. Namun, Islam juga tidak melarang wanita untuk bekerja. Wanita boleh bekerja, jika memenuhi syarat-syaratnya dan tidak mengandung hal-hal yang dilarang oleh syariat. Namun demikian, rumah tangganya tetap aman, utuh dan baik-baik saja hingga saat ini dan tidak jauh berbeda dengan orang yang istrinya tetap dirumah walaupun sibuk bekerja. Kemudian yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profesi isteri sebagai driver ojek online untuk memenuhi nafkah keluarga di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap profesi isteri sebagai driver ojek online untuk memenuhi nafkah keluarga di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profesi isteri sebagai driver ojek online untuk memenuhi nafkah keluarga di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, kemudian ditinjau berdasarkan hukum Islam. Penelitian ini menggunakan studi lapangan (field research) dengan sumber data yaitu data primer, data sekunder dan data tersier dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan analisa data kualitatif serta menggunakan metode penulisan deskriptif,induktif dan deduktif. Hasil analisis penelitian ini adalah peran perempuan atau ibu yang bekerja akan membawa dampak positif bagi kondisi ekonomi keluarga. Dari penghasilan yang diperoleh dapat menambah penghasilan keluarga yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,membiayai sekolah anak, dan mencukupi kebutuhan lainnya, wanita pencari nafkah mampu menjalankan perannya dengan baik,walaupun mereka harus ikut andil dalam mencari tambahan pendapatan untuk keluarga, tetapi mereka tetap menjalankan aktivitas rumah tangga dengan baik. Dan apabila di tinjau berdasarkan hukum Islam tentang wanita yang bekerja sebagai driver ojek online di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru belum terlaksana dengan baik. masih ada ditemukan beberapa driver ojek online wanita yang masih kurang optimal dalam menerapkan aturan tentang syarat wanita bekerja menurut ketentuan yang sesuai dengan syariat islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 173 Etika Hubungan Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:02
Last Modified: 02 Sep 2020 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30041

Actions (login required)

View Item View Item