Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Program Konseling Pra Nikah Bagi Pasangan Calon Pengantin Di Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Pernikahan (BP4) Pekanbaru Menurut Perspektif Hukum Islam.”

Lukman, - (2020) Pelaksanaan Program Konseling Pra Nikah Bagi Pasangan Calon Pengantin Di Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Pernikahan (BP4) Pekanbaru Menurut Perspektif Hukum Islam.”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
gabungan kecuali bab iv.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lukman, (2020):“Pelaksanaan Program Konseling Pra Nikah Bagi Pasangan Calon Pengantin Di Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Pernikahan (BP4) Pekanbaru Menurut Perspektif Hukum Islam.” Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh Keputusan Menteri Agama /KMA Nomor 477 tahun 2004, Perdirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/491 Tahun 2009 dan Nomor DJ.II/372 Tahun 2011 mengatur tentang pelaksanaan program pembinaan calon pengantin atau kursus pra nikah. Sedangkan realisasi dilapangan sering juga ditemukan pasangan yang telah menikah ini mengalami pertengkarang dalam rumah tangga yang berujung pada perceraian. Bukankah sebelum menikah mereka sudah mengikuti konseling pra nikah. Adapun yang menjadi rumusan masalahnya dalam skripsi penulis ini adalah bagaimana pelaksanaan program konseling pra nikah bagi pasangan calon pengantin di BP4 Kota Pekanbaru?. Apa kelebihan dan kekurangan program konseling pra nikah?. Dan bagaimana perspektif hukum islam tentang pelasanaan konseling pra nikah di BP4 Kota Pekanbaru?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala BP4 Kota Pekanbaru, Pegawai BP4 Kota Pekanbaru, dan pasangan yang mengikuti konseling pra nikah. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan program konseling pra nikah bagi pasangan calon pengantin di BP4 Kota Pekanbaru menurut perspektif hukum islam. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah lembaga BP4 Kota Pekanbaru yang berjumlah 6 orang dan pasangan yang melaksanakan konseling pra nikah. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik accidental sampling. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal: Pertama, pelaksanaan konseling pra nikah yang dilakukan BP4 Kota Pekanbaru ini sesuai dengan kebutuhan yang nantinya akan ditemukan dalam membina sebuah rumah tangga sesuai dengan ajaran agama islam. Kedua, kelebihan konseling pra nikah ini yaitu tenaga yang berkompeten dan materi yang sesuai dengan kebutuhan. Ketiga, jika dilihat dari perspektif hukum islam tentunya program konseling ini sangat membantu bagi pasangan yang ingin membina sebuah rumah tangga serta program konseling pra nikah ini tidak bertentangan dengan syariat islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:35
Last Modified: 02 Sep 2020 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30039

Actions (login required)

View Item View Item