Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Kabupaten Kampar ditinjau menurut Fiqih Siyasah (Studi Kasus Desa Ganting Damai Kecamatan Salo).

Febri Wahyudi, - (2020) Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Kabupaten Kampar ditinjau menurut Fiqih Siyasah (Studi Kasus Desa Ganting Damai Kecamatan Salo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
baba iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BABA IV.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Febri Wahyudi (2020) : Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Kabupaten Kampar ditinjau menurut Fiqih Siyasah (Studi Kasus Desa Ganting Damai Kecamatan Salo). Adapun di dalam penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya pelaksanaan dalam Peraturan Daerah Magrib Mengaji, yang mana Peraturan Daerah ini sudah diimplementasikan, namun Peraturan Daerah Magrib Mengaji kurang dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Ganting Damai, disebabkan oleh beberapa faktor penyebab yaitu kurangnya sosialisasi, kurangnya kesadaran masyarakat, kurangnya Tenaga Pengajar serta tidak jelasnya insentif Tenaga Pengajar, dan kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah. Dalam penelitian ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yaitu bagaimana Implementasi Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2013 tentang Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Desa Ganting Damai Kecamatan Salo, apa faktor penyebab kurang terealisasikannya Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2013 tentang Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Desa Ganting Damai Kecamatan Salo, dan bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2013 tentang Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Desa Ganting Damai Kecamatan Salo. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data primer yang dihimpun dari pihak Pemerintah desa, Alim Ulama, Ninik Mamak, dan Tokoh Masyarakat, yang mana setelah data itu diperoleh lalu dianalisa dengan deskriptif kualitatif. Data sekunder yang didapat dalam penelitian ini adalah data-data yang didapat dari buku-buku. Melalui wawancara dan observasi di lapangan, penulis memperoleh hasil setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan fiqih siyasah yaitu dengan menampilkan nash al-Qur’an, dan Kaidah Fiqiyah. Dari uraian yang disajikan dan dari tinjauan yang telah dilakukan, maka penulis memperoleh jawaban bahwasanya Implementasi Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2013 tentang Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Desa Ganting Damai Kecamatan Salo adalah sesuatu yang sudah sesuai dengan fiqih siyasah yaitu sudah menimbulkan kemaslahatan untuk masyarakat, namun dalam realisasinya peraturan daerah ini kurang terealisasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:27
Last Modified: 03 Sep 2020 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30035

Actions (login required)

View Item View Item