Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Persepsi Masyarakat Terhadap Tradisi Kemben Dalam Pesta Perkawinan Pada Masyarakat Adat Jawa Di Tinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Desa Air Emas Kec. Singingi)

ena Agustina Kumala Sari, - (2020) Persepsi Masyarakat Terhadap Tradisi Kemben Dalam Pesta Perkawinan Pada Masyarakat Adat Jawa Di Tinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Desa Air Emas Kec. Singingi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
gbungna kecuali bab iv.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)

Abstract

ABSTRAK Rena Agustina Kumala Sari, (2020): Persepsi Masyarakat Terhadap Tradisi Kemben Dalam Pesta Perkawinan Pada Masyarakat Adat Jawa Di Tinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Desa Air Emas Kec. Singingi) Tradisi menggunakan kemben dalam pesta perkawinan merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi masyarakat adat Jawa khususnya mayarakat Desa Air Emas Kecamatan Singingi yang berkaitan dengan pernikahan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tradisi jawa menggunakan kemben dalam pesta perkawinan di Desa Air Emas Kec. Singingi. bagaimana persepsi masyarakat terhadap tradisi menggunakan kemben dalam pesta perkawinan di Desa Air Emas Kec.singingi. Dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tradisi jawa menggunakan kemben pada saat perkawinan di Desa Air Emas Kec. Singingi. Tradisi memakai kemben dalam pesta pernikahan yaitu penganti wanita menggunakan kemben sebagai baju adat jawa dimana kemben hanya sepotong kain panjang yang dililitkan didada pengantin wanita sehingga bahu penganti wanita terbuka dan para tamu undangan bisa melihat aurat pengantin wanita, kemben selalu digunakan para pengantin sebagai simbol melestarikan budaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tradisi jawa menggunakan kemben dalam pesta perkawinan dan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap tradisi jawa menggunakan kemben dalam pesta perkawinan. Metode yang di gunakan di dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), data primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dari sumbernya melalui observasi, wawancara dan angket. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang pengantin yang memakai kemben, 1 orang perias pengantin, 1 orang ustad, 2148 masyarakat yang ada di Desa Air Emas Kecamatan Singingi. Dalam hal ini penulis mengambil sebagian dari jumlah populasi secara acak dengan menggunakan teknik Random Sampling yang berjumlah 35 orang. Dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa tradisi masyarakat Desa Air Emas Kecamatan Singingi terkait dengan pemakaian kemben dalam pesta perkawinan masih terus dilakukan. Hal ini dalam rangka penyempurnaan suatu pernikahan mengingat adanya makna-makna tertentu yang masih diyakini dan di pegang teguh oleh masyarakat hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 173 Etika Hubungan Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:11
Last Modified: 02 Sep 2020 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30031

Actions (login required)

View Item View Item