Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Usaha Kuliner Geprek Bensu Jalan Arifin Ahmad No. 14 Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam.

Sri Ningsih, - (2020) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Usaha Kuliner Geprek Bensu Jalan Arifin Ahmad No. 14 Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Ningsih, (2020): Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Usaha Kuliner Geprek Bensu Jalan Arifin Ahmad No. 14 Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa konsumen dalam melakukan pembelian pada usaha kuliner Geprek Bensu akan mempertimbangkan brand image (citra merek) yang baik dan menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah brand image (citra merek) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian usaha kuliner Geprek Bensu dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap brand image (citra merek) dan keputusan pembelian pada usaha kuliner Geprek Bensu. Penelitian ini dilakukan pada konsumen usaha kuliner Geprek Bensu yang berlokasi di Jl. Arifin Ahmad No.14, Keluruhan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau. Adapun Populasi konsumen yang diambil pada usah kuliner Geprek Bensu sebanyak 930 orang dan perhitungan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 90 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu melakukan uji statistic seperti uji instrumen penelitian, uji asumsi klasikdan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa brand image berpengaruh positif pada dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang tergambar pada persamaan regresi linear sederhana Y= 9,124 + 0,439X, hasil uji hipotesis menyimpulkan nilai t hitung = 5.587 > nilai t tabel = 1,987, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian usaha kuliner Geprek Bensu diperoleh sebesar 26,2% dan sisanya 73,8% dipengaruhi dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini dan nilai koefisian korelasi sebesar 0,512. Hal ini berarti korelasi antara variabel independen (brand image) dan variabel dependen (keputusan pembelian) memiliki hubungan yang cukup. Menurut tinjauan ekonomi islam keputusan pembelian dalam prespektif ekonomi islam mengenai brand image (citra merek) terhadap keputusan pembelian usaha kuliner Geprek Bensu yang dalam penelitian ini signifikan maka pengguna harus cerdas dengan memperhatikan norma dasar yang menjadi landasan dalam perilaku konsumen muslim agar membelanjakan harta dalam kebaikan dan menjauhi sifat kikir, tidak melakukan kemumbaziran dan kesederhanaan. Kata Kunci: Brand Image dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:14
Last Modified: 02 Sep 2020 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30002

Actions (login required)

View Item View Item