Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMP/MTs

NOVA UNTHARI, - (2020) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASILDAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (37MB)

Abstract

ABSTRAK Nova Unthari, (2020) : Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang belajar menggunakan strategi pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transfering (REACT) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi, sedang dan rendah dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transfering (REACT) dengan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.A2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang menggunakan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transfering (REACT) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Darul Hikmah Pekanbaru; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi, sedang dan rendah; (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transfering (REACT) dengan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci : Strategi Pembalajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT), Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:57
Last Modified: 07 Sep 2020 04:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item View Item