Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA

SITI NUR HALIMAH, - (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis (KKM) siswa yang ditinjau dari keaktifan belajar siswa pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mix method dengan analisis deskriptif kualitatif pada tahap awal dan analisis kuantitatif menggunakan korelasi kontingensi pada tahap kedua. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum sebanyak 15 orang. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Motode pengumpulan data berupa tes soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, angket keaktifan belajar siswa, dan wawancara yang dilakukan secara online berbantuan media WhatsApp. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan keaktifan belajar tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis paling rendah pada indikator written text dengan kriteria kemampuan komunikasi matematis yang diukur menjelaskan ide matematika melalui tulisan dan menyelesaikan persoalan dengan bahasa sendiri. Subjek dengan keaktifan belajar sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis paling rendah pada indikator drawing dengan kriteria kemampuan komunikasi matematis yang diukur merefleksikan ide matematika ke dalam bentuk gambar. Subjek dengan keaktifan belajar rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis paling rendah pada indikator written text merefleksikan ide matematika ke dalam tulisan dan indikator drawing dengan kriteria kemampuan komunikasi matematis yang diukur merefleksikan peristiwa sehari-hari ke dalam gambar. Implikasi dari penelitian ini adalah secara umum kemampuan komunikasi matematis siswa pada aspek drawing tergolong sedang dan written text tergolong rendah, untuk seluruh subjek keaktifan siswa. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Keaktifan Belajar, Mix Methode, Segi Empat dan Segitiga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:38
Last Modified: 07 Sep 2020 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29953

Actions (login required)

View Item View Item