Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BIOGAS SKALA RUMAH TANGGA DARI SAMPAH ORGANIK (Studi Kasus : Rumah Makan Dian & Rasa Pekanbaru-Riau)

GUNAWAN, - (2020) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BIOGAS SKALA RUMAH TANGGA DARI SAMPAH ORGANIK (Studi Kasus : Rumah Makan Dian & Rasa Pekanbaru-Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

Biogas merupakan salah satu energi alternatif yang dapat menanggulangi permasalahan kebutuhan energi yang terus meningkat. Salah satu bahan biogas yang dapat dimanfaatkan adalah dari sampah organik berasal dari beberapa sumber salah satunya berasal dari sektor industri menegah yaitu Rumah Makan Dian dan Rasa yang belum melakukan pengolahan sampah organiknya dengan baik serta memiliki tagihan listrik sebesar Rp. 2.462.500. Setiap hari Rumah Makan Dian dan Rasa pekanbaru memiliki jumlah Sampah 165 Kg limbah sampah organik Tingginya kandungan biogas dari sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Oleh karena itu, pemanfaatan sampah organik dengan metode anaerob digestion sebagai bahan bakar pembangkit listrik perlu dieksplorasi. Dari potensi sampah organik yang di hasilkan di Rumah Makan tersebut dapat dihasilkan listrik sebesar 85 kWh yang dapat di aplikasikan untuk pembangkit listrik rumah makan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa teknis dan ekonomi dari Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBG) skala rumah tangga dari sampah organik untuk energi listrik pada rumah Makan Dian dan Rasa Kota Pekanbaru. Pada penelitian ini jenis digester yang digunakan adalah digester Chinese Fixed Dome dengan ukuran 24 m3. Penelitiaan ini dapat menghasilkan 28.475 kWh/tahun listrik dan 22.116 Kg/tahun pupuk organik. Selanjutnya analisis ekonomi dilakukan menggunakan metode Life Cycle Cost (LCC) yang menghasilkan Net Present Value (NPV): Rp. 193.208.300,-, dan waktu pengembalian modal: 2,7 tahun. PLTBG skala rumah tangga ini menghasilkan biaya produksi listrik sebesar 351,19 /kWh. Dari hasil analisa teknis dan ekonomi yang telah dilakukan maka mampu mengurangi biaya listrik serta mengurangi penumpukkan sampah dikota Pekanbaru. Kata Kunci : Biogas, Chinese Fixed Dome, anaerobic digestion, Sampah Organik. energi listrik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:11
Last Modified: 03 Sep 2020 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29919

Actions (login required)

View Item View Item