Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA BONEKA TERHADAP PERKEMBANGAN RASA PERCAYA DIRI ANAK DI PAUD INHIL PEDULI KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

NOVELA RIFA, - (2020) PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA BONEKA TERHADAP PERKEMBANGAN RASA PERCAYA DIRI ANAK DI PAUD INHIL PEDULI KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Novela Rifa, (2020) : Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Dengan Media Boneka Terhadap Perkembangan Rasa Percaya Diri Anak Di PAUD Inhil Peduli Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan rasa percaya diri anak masih kurang baik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2020 yang bertempat di PAUD Inhil Peduli Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercakap-cakap dengan media boneka terhadap perkembangan rasa percaya diri anak di PAUD Inhil Peduli Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di PAUD Inhil Peduli Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir dengan objeknya pengaruh metode bercakap-cakap dengan media boneka terhadap perkembangan rasa percaya diri anak di PAUD Inhil Peduli Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, yang terdiri dari kelompok B1 dengan jumlah anak 10 orang dan kelas B2 dengan jumlah anak 10 orang yang bertotal 20 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program Spss Windows ver.23. hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara metode bercakap-cakap dengan media boneka terhadap perkembangan rasa percaya diri anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung = 20,641 dan Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh metode bercakap-cakap dengan media boneka sebelum dan sesudah perlakuan. Pengaruh metode bercakap-cakap dengan media boneka terhadap perkembangan rasa percaya diri anak di PAUD Inhil Peduli Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir sebesar 71,42% yaitu berada pada kategori tinggi termasuk dalam kategori penilaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH). kata kunci: Perkembangan Rasa Percaya Diri, Metode Bercakap-cakap, Media Boneka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Sep 2020 01:33
Last Modified: 01 Sep 2020 01:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29916

Actions (login required)

View Item View Item