Rusmina Fitri, - (2020) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBIMBING MORAL ANAK PRASEKOLAH DI KECAMATAN PELANGIRAN KABUPATEN INDARGIRI HILIR. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP (KECULAI BAB IV).pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rusmina Fitri (2020) : Pola Asuh Orang Tua dalam Membimbing Moral Anak Prasekolah di Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang 1. Pola asuh orang tua dalam membimbing moral anak usia prasekolah 2. Faktor – faktor yang menjadi penghambat dan pendorong pola asuh orang tua dalam membimbing moral anak prasekolah di Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi 7 orang tua (ibu) yang mempunyai anak umur 5 – 6 tahun di Desa Pelangiran Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dukomentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data ini dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dari 7 orang tua (ibu) di Desa Pelangiran, Kelurahan Pelangiran, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, 2 orang tua (ibu) mengarah pada pola asuh otoriter. Sedangkan 2 orang tua (ibu) diantaranya menggunakan pola asuh demokratis dan 3 orang tua (ibu) mengarah kepada pola asuh permisif. Pola asuh otoriter di tandai dengan adanya sikap orang tua (ibu) pada anak penuh peraturan mendesak anak untuk selalu taat pada perintah orang tua tanpa adanya kebebasan. Pola asuh demokratis di tandai dengan adanya sikap terbuka antara orang tua dengan anaknya, menghargai setiap pendapat anak, memusyawarahkan dengan anak untuk keputusan yang baik. Sedangkan pola asuh permisif di tandai dengan orang tua memberikan kebebasan secara mutlak kepada anak dalam bertindak tanpa ada arahan, orang tua terkesan membiarkan anak tanpa pengawasan untuk anak. 2) Faktor Penghambat : a). Pengalaman pola asuh orang tua b). Lingkungan tempat tinggal. Sedangkan 3) Faktor Pendorong : a). Sekolah b). Adanya TPQ di lingkungan tempat tinggal. Kata Kunci : Pola Asuh, Orang Tua (Ibu), Nilai Moral, Anak Prasekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:30 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29906 |
Actions (login required)
View Item |