Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru

Restu Ramadani, - (2020) NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

ABSTRAK Restu Ramadani, (2020): NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru dan (2) Faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru. Subyek penelitian ini adalah Guru Bimbingan Konseling, obyek penelitian ini adalah Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan konseling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Layanan bimbingan kelompok telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan bimbingan kelompok yaitu: tahapan pembentukan, tahapan peralihan, tahapan kegiatan dan tahapan pengakhiran. (2) Guru bimbingan konseling telah mengembangkan perilaku sopan santun siswa melalui bimbingan kelompok, (3) Hasil evaluasi adalah sesuai kebutuhan siswa jika siswa masih kurang sopan santun maka akan dilaksanakan kembali proses layanan bimbingan kelompok, (4) Guru bimbingan konseling menindak lanjuti hasil layanan bimbingan kelompok dengan melihat perkembangan siswa. Jika ada beberapa siswa bermasalah langsung di tindak lanjuti dengan dibentuk satu kelompok. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yaitu: (1) Latar belakang guru bimbingan konseling (2) Guru bimbingan konseling hanya berjumlah satu orang, (3) Sarana dan prasarana belum cukup memadai seperti: ruang BK. (4) Waktu yang belum cukup tersedia seperti: Tidak ada jam BK disekolah dan bersifat insidental, dan (5) Kerjasama antara pihak luar yang terlibat dalam mengembangkan perilaku sopan santun seperti Kepolisian dan GERNAT. Kata Kunci: Pelaksanaan, Bimbingan Kelompok, Perilaku Sopan Santun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:14
Last Modified: 31 Aug 2020 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29897

Actions (login required)

View Item View Item