Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI SATWA LIAR

NUR ASSILA, - (2020) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI SATWA LIAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK NUR ASSILA: Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Jual Beli Satwa Liar Jual beli satwa liar yang berlangsung di Desa Kuntu Darussalam telah banyak dilakukan oleh masyarakat. Pemburuan dilakukan pada malam dan subuh hari,dan jual beli satwa liar yang terjadi dilakukan tanpa adanya izin aparat yang berwenang. Penjualan dilakukan dengan cara sembunyi dan tertutup. Satwa-satwa yang ditangkap termasuk kedalam satwa yang dilindungi dan satwa yang tidak dilindungi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek jual beli satwa liar dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap jual beli satwa liar yang terjadi di Desa Kuntu Darussalam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana jual beli satwa liar yang dilarang dan untuk mengetahui pandangan Fiqh Muamalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), data primer dikumpulkan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui sistemazing, editing dan coding. Analisa dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir indukatif Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktek jual beli satwa liar yang terjadi di Desa Kuntu Darussalam termasuk praktek jual beli yang diperbolehkan karena kebanyakan satwa yang diperjual belikan itu bukan satwa yang dilindungi. Menurut tinjauan Hukum Islamnya jual beli ini tidak bertentangan dengan syarat dan rukun jual beli dan perburuan yang dilaksanakan memenuhi ketentuan buruan yang sudah ditetapkan oleh Undang-Undang perburuan terhadap adanya praktek jual beli tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:49
Last Modified: 31 Aug 2020 01:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29896

Actions (login required)

View Item View Item