Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KENDALA PENERAPAN TAHFIZ DENGAN METODE TALQIN DAN TALAQQI DI SEKOLAH DASAR EL-HAQQA QUR’ANIC SCHOOL SUKA KARYA PANAM PEKANBARU

SELVI ANGGRAINI, - (2020) KENDALA PENERAPAN TAHFIZ DENGAN METODE TALQIN DAN TALAQQI DI SEKOLAH DASAR EL-HAQQA QUR’ANIC SCHOOL SUKA KARYA PANAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul” Kendala Penerapan Tahfiz dengan Metode Talqin dan Talaqqi di Sekolah Dasar El-Haqqa Qur‟anic School Suka Karya Panam Pekanbaru”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya beberapa kendala dalam penerapan tahfiz di Sekolah Dasar El-Haqqa Qur‟anic School. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 kendala dalam penerapan tahfiz di Sekolah Dasar El-Haqqa Qur‟anic School Suka Karya Panam Pekanbaru yaitu berbedanya kualitas hafalan siswa, waktu yang kurang maksimal, rasa malas, tenaga pendidik yang masih terbatas, dan kurangnya peran orangtua. Kendala-kendala inilah yang menjadi penghambat dalam kelancaran penerapan tahfiz di Sekolah Dasar El-Haqqa, sehingga siswa belum mampu mencapai hafalan secara maksimal. Kesimpulan dari hasil penelitian ini antara lain: 1) Metode talqin di SD El-Haqqa Quranic School Suka Karya Panam Pekanbaru di terapkan dengan dua versi yaitu dengan al-Qur‟an muqhattha’ dan speaker al- Qur‟an. Sedangkan metode talaqqi diterapkan dengan cara siswa dipanggil satu persatu menyetorkan hafalan secara langsung kepada guru, dan hasil setoran tersebut ditulis pada lembaran buku muthaba’ah. 2) Dalam penerapan tahfiz di Sekolah Dasar El-Haqqa Qur‟anic School masih terdapat kendala yang masih membatasi pencapaian sasaran, sehingga penerapan tahfiz terhadap siswa El- Haqqa tidak berjalan secara efektif. Kata kunci: Kendala Penerapan, Metode talqin, talaqqi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:24
Last Modified: 31 Aug 2020 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29884

Actions (login required)

View Item View Item